Breaking News

PEMBUKAAN KEGIATAN PLDCA (PENDIDIKAN DAN LATIHAN DASAR PENCINTA ALAM HIPAM DURI



Lestari,,, lestari,,,,lestari  teriakan koordinator pelaksana PLDCA ( Pendidikan dan 
Latihan Dasar Pecinta Alam) gelombang IV periode V  (Himpunan Penggiat Alam) HIPAM bergema saat upacara pembukaan kegiatan  yang diadakan di sekretariat HIPAM Jln Stadion Duri Riau. ( 24/12 ) 

Upacara ini dihadiri oleh pembina organisasi HIPAM ibu hasdet mulyati 

"selamat datang anak-anak ibu  dalam keluarga besar HIPAM semoga semakin solid dan berguna bagi kemajuan Nusa dan Bangsa" sedikit penggalan  dari amanat yang disampaikan Ibu Hasdet selaku pembina dalam upacara tersebut.

Selesai upacara pembukaan, panitia dan calon anggota baru melakukan breaving singkat dipimpin oleh Zulhusni syukri Selaku ketua umum HIPAM periode V,dalam breaving ini Zulhusni  memberikan  arahan "Diharapkan kepada calon anggota untuk serius menjalani pelatihan ini karena ini semua sangat bermanfaat, baik untuk menjalani roda organisasi maupun untuk menjalani kehidupan kita sehari hari," Kata Husni "



kepada panitia tidak diperbolehkan melakukan tindakan kekerasan fisik berlebihan kepada calon anggota muda karena kita bukan mau menciptakan monster tapi berharap tercipta regenerasi yang penuh cinta atas ciptaan Tuhan Yang Maha Esa serta menjaganya dengan penuh kesadaran".Lanjutnya ..

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 24-26 Desember 2015 ini lebih difokuskan pada praktek lapangan  tentang materi -materi dasar pecinta alam diantaranya navigasi darat, penggunaan kompas serta menetukan titik koordinat.

Pembinaan fisik dan mental melaui kegiatan tracking dengan berjalan menyusuri hutan sejuah 15 Km, survival, teknik membuat bivak, serta simulasi penyelamatan korban kecelakaan di dalam hutan atau SAR PPGDM. 

Kegiatan ini diikuti sebanyak 25 orang, 6 orang anggota muda dan 19 orang panitia. Kegiatan ini bertempat di kawasan hutan Suaka Margasatwa Balairaja tepatnya di Hutan Talang, yang mana hanya Hutan Talang lah satu-satunya hutan alami yang tersisa di Wilayah Mandau ini. 



Sebuah harapan dengan mengenalkan hutan alami secara langsung kepada peserta diklat akan semakin meningkatkan rasa cinta kepada alam. Begitu penuturan Muhammad Arief selaku koordinator lapangan  Kegiatan ini.

Adapun yang memberikan materi-materi pada kegiatan ini adalah kakak-kakak senior HIPAM yang sudah memahami materi yang akan disampaikan, seperti materi navigasi darat tentang teknik penggunaan kompas yg diberikan oleh Riki Novika yang sudah malang melintang di kegiatan alam dan juga aktif di pramuka. 



Pembinaan fisik dan mental diberikan Hasrul Halqi, Amd yang juga pernah mendirikan KPA di negeri asalnya Sulawesi.

Materi survival dan pembuatan bivak diberikan oleh Putri Ratna Fairuz S.Pd, cewek cantik dan energik yang juga aktif di pramuka, WWF Riau dan Dewan Pemangku Adat Mapala Jati Universitas Islam Riau. 

Materi SAR  PPGDM diberikan oleh Solfarina, S.Pd  juga Pembina PMR disalah satu SMKN di Kecamatan  Mandau. Dengan demikian diharapkan melalui diklat  PLDCA ini benar-benar menghasilkan generasi muda yang berilmu dan kreatif serta bertanggung jawab

Portalbuana - Solfarina S.Pd

1 Komentar

© Copyright 2022 - PORTAL BUANA NEW